Senin, 29 April 2013

Akuntansi Internasional



Akuntansi Sebuah Bahasa Bisnis
            Dilihat dari perspektif pelaksana, akuntansi merupakan alat untuk menyampaikan informasi keuangan dari sebuah entitas usaha yang melakukan sebuah kegiatan bisnis. Jadi, akuntansi merupakan alat komunikasi , oleh karena itu, akuntansi disebut bahasa bisnis.

Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
            Akuntansi manajemen digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi manajemen dalam melaksanakan fungsi-fungsi perencanaan dan pengendalian serta pengambilan keputusan yang terkaitdengan operasi perusahaan, sedangkan akuntansi keuangan digunakan untuk memenuhi kebutuhan eksternal akan informasi keuangan yang terkait dengan perusahaan yang bersangkutan.

Perkembangan Praktik Akuntansi
            Pada awalnya, standar-standar auntansi internasional yang dibuat IASC dinyatakan oleh pemakai bahwa masih bersifat terlalu luas, sehingga tidak memenuhi tangkat komparabilitas yang diharapkan. Pada tahun 1987 IASC merespon kritik ini dengan membentuk comparability project yang tujuannya meningkatkan komparabilitas laporan keuangan dengan mengurangi alternative yang tersedia dalam standar-standar IASC.

Peran Akuntansi
            Peran akuntansi berbeda antar Negara. Perbedaan peran ini dapat mempengaruhi orientasi dan kandungan informasi laporan keuangan yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan di masing-masing Negara, yang akan mempengaruhi cara interpretasi dan penggunaan laporan keuangan tersebut.

Korporasi Multinasional
            Akuntansi internasional terutama diperlukan oleh pasar modal yang telah mengglobal dan perusahaan yang bisnisnya mengglobal.perusahaan yang rendah tingkat globalisasi bisnisnya adalah perusahaan yang mempunyai transaksi utang piutang dalam valuta asing (valas), sementara yang tingkat globalisasinya tinggi adalah korporasi multinasional (MNC, multinational corporation). MNC adalah perusahaan yang terlibat dalam produksi dan penjualan barang atau jasa pada lebih dari sebuah Negara.

Pengertian Akuntansi Internasional
            Akuntansi internasional mencakup akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Ini berarti bahwa akuntansi internasional bukan merupakan tipe akuntansi tersendiri. Akuntansi internasional mencakup akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen dalam perspektif internasional.

Lingkup Akuntansi Internasional
            Dalam perspektif internasional, akuntansi berkenaan dengan diversitas akuntansi dan keragaman yuridiksi. Diversitas akuntansi merupakan problem yang telah, sedang, dan akan terus diupayakan solusinya. Sedangkan keragaman yuridiksi merupakan kenyataan yang harus diterima.

 Ukuran Kinerja Keuangan
            Ada dua ukuran kinerja keuangan yang digunakan secara luas oleh perusahaan-perusahaan multinasional yaitu return investasi atau return on investment (ROI) dan kinerja yang dianggarkan (budgeted performance). ROI membandingkan laba perusahaan terhadap suatu basis tertentu, sementara kinerja yang dianggarkan membandingkan antara hasil operasi actual terhadap hasil operasi yang dianggarkan. Esensi pengendalian melalui anggaran (budgetary control) adalah bahwa setiap perbedaan antara pencapaian actual dari pencapaian yang dianggarkan dapat ditelusuri ke manajer unit yang bertanggungjawab yang akan menjadikan informasi tersebut sebagai umpan-balik dalam menentukan langkah-langkah selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar